Minggu, 22 April 2012

Antara Pamer, Keperluan, dan Gengsi

Saya tidak tahu mengapa, yang jelas, sepupu saya (sebut saja A) meminta dibelikan Blackberry kepada ayahnya (paman saya) yang (maaf) sebetulnya, gajinya hanya pas-pasan.

Saya mencoba menerka, mengapa dia tega banget melakukan seperti itu. Menurut pengamatan saya (memang, saat dia kelas satu SMA, dia tinggal dengan keluarga saya), teman-temannya pada memakai BB  (Blackberry) semua. Dan yang paling penting, mungkin, BB hanya dipakai untuk gaya-gayaan.
***

Sebenarnya, BB itu untuk apaan sih ?

Teman 1 : Ya untuk telpon-telponanlah.
Saya : Mendingan pakai HP jadul aja, ngapain beli mahal-mahal tapi cuman buat nelpon ?

Teman 2 : SMSnya ada emot. Terus formatnya bubble text.
Saya : Meh, buat apa uang 5 juta kalau cuman buat ngidam gitu aja ?

Teman 3 : Ada BBMnya. 
Saya : Oalah, SMS bisa juga. Lebih murah lagi.

Teman 4 : Bisa internetan dong, ya.
Saya : Pakai komputer, kan bisa. Piye toh.

Teman 5 : Ada paket full servicenya.
Saya : Kalau gitu, mending beli nokia, bisa whatsapp, bisa SMS, bisa internetan, bisa nelponan. Nggak full service sih, tapi, layanannya masih sama dengan BB kok.

Nah, loh. Ngapain beli BB kalau ternyata ada yang fungsinya sama, tapi, lebih murah ?

***
Jujur saja, dulu, saya sangat mengharapkan orang tua saya membelikan BB. Namun, orang tua saya hanya bilang,
"Mengapa pilih yang mahal kalau ada yang murah ? Gengsi ? Buat apaan, coba !?" -Orang Tua Saya-
Maksudnya, ngapain kita beli yang mahal-mahal tapi ada yang murah. Cuman buat gengsi ? Cuman buat pamer ? Sarap, lu ! 

Jujur saja, HP saya saja masih yang begini.
Nyaman, kok, dipakainya. Kurang lebih BB malah.
Walaupun jadul, tapi, kalau kita dapat feelnya, kita bisa ngerasain kalau kita pakai BB.

***
A : Wess,, HP lu BB, cuy ! Buat apa ?
B : Orderan makin banyak, nih. Bisa sekalian buat promosi di BBM.
A : BB lu merek apa ?
B : Yang murah-murah aja, Pearl.
A : Hari gini masih pakai yang murah !? Tengok gua, nih, Storm ! Keluaran terbaru !
B : BB lu buat apa ?
A : *speechless* 

Biasanya, BB hanya buat gaya semata, bukan untuk keperluan yang memang harus perlu. 

A : Yah, masih pakai HP yang jadul.
B : Jangan salah, ini BB senter (Baca : Nokia Jadul).
C : Yaelah, bagusan HP kita-kita. BB Torch.
A : Iya, daripada lu, nggak bermutu.
B : Emang kapan lu pada beli BB torch.
A : Kemarin ada diskon 50% di Mall A. Kami berdua kesana, beli BB ini.
C : Iya, gila aja, uang makan gua jadi abis.
B : Terus, lu makan gimana ?
C : Hehe... Gu.. guaa.. Ga jajan (baca : makan tapi ngutang) seminggu.
B : Buset aja lu, makan dah tuh BB.
A : Uang jajan gua juga sisa goban.
B : Terus, BB lu ada pulsanya ?
A : Nggak.
B : Makan tuh, BB. Mendingan HP kayak gua aja.

Fact #1, semangkuk bubur bisa lebih berharga daripada BB. Nggak percaya ? Dengan kondisi uangmu sudah habis buat beli BB, kamu pasti kelaparan dan kepengen makan bubur. Dan pada saat itu, kamu baru sadar, kenapa kamu mesti beli BB.

0 komentar:

Posting Komentar